Tips Memandikan Kucing Anda

Tips Memandikan Kucing Anda

Kucing biasanya tidak membutuhkan bantuan untuk mendapatkan dan tetap bersih. Mereka rewel tentang kebersihan mereka dan menghabiskan sebagian besar hari mereka berdandan dan bersolek. Kucing belajar sejak usia sangat muda untuk tetap bersih, karena sang ibu selalu mengajari anak-anak mereka seni mandi. Pemilik kucing jarang perlu memandikan kucingnya, namun, ada beberapa situasi di mana Anda mungkin sudah saatnya untuk memandikan kucing. Anda tidak pernah tahu kapan kucing Anda menjadi sangat kotor sehingga mereka membutuhkan sedikit bantuan tambahan. Jika kucing Anda menderita alergi kulit atau memiliki kutu, Anda mungkin perlu memandikan kucing Anda. Kucing yang sakit dan lebih tua mungkin juga kesulitan membersihkannya. Anda akan menemukan bahwa kucing Anda mungkin menolak untuk dimandikan, tetapi Anda dapat melakukannya jika Anda siap.

Dapatkan Persediaan Anda
Tempat terbaik untuk memandikan kucing adalah di ruangan kecil yang tertutup. Jika Anda memiliki wastafel di ruang cuci Anda, itu akan bekerja dengan sempurna. Wastafel kamar mandi yang dalam juga akan membantu. Idenya adalah membuat kucing Anda berada di area kecil untuk membantunya merasa lebih aman selama proses tersebut. Gagasan lain adalah dengan menggunakan bak bayi dan letakkan di dalam bak mandi Anda sendiri. Hal ini dapat menyebabkan sakit pada bagian tubuh Anda, tetapi mungkin hanya cocok untuk kucing Anda.

Selain itu, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki semua yang Anda butuhkan sebelum memulai. Hampir tidak mungkin menghentikan apa yang Anda lakukan dengan kucing yang kesulitan berlari dan mengambil handuk atau sampo. Anda akan membutuhkan beberapa handuk tua, sampo ringan dan tidak menyebabkan iritasi seperti sampo bayi atau sampo hewan peliharaan, dan cangkir untuk membilas. Anda bahkan mungkin mempertimbangkan untuk menggunakan alat pengolesan kalkun untuk meraih di bawah dagu, di sekitar leher dan di antara kaki. Selain itu, jika bulu kucing Anda kusut, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memotong tikar ini sebelum memulai.

Dapatkan Mandi Siap
Ketika Anda sudah mendapatkan semua persediaan di tempat yang Anda butuhkan, Anda harus menyiapkan bak mandi. Kucing Anda tidak akan menyukai air yang sangat panas atau sangat dingin, jadi air suam-suam kuku paling baik digunakan. Pikirkan suhu yang akan Anda gunakan untuk memandikan bayi. Itulah yang Anda butuhkan saat Anda mencuci kucing. Selanjutnya, isi bak atau wastafel. Anda tidak perlu banyak air saat memandikan kucing - cukup untuk membilas kucing. Ini juga merupakan ide yang baik untuk meletakkan tikar non-selip atau handuk lipat di bagian bawah wastafel atau bak mandi sebelum Anda mulai mengisinya dengan air. Ini mencegah kucing dari tergelincir di bagian bawah wastafel atau bak mandi.

Kemudahan Kucing Anda ke dalam Air
Sekarang saatnya untuk bagian yang sulit. Anda harus membawa kucing Anda dan membawanya ke dalam air. Ini mungkin terdengar lebih mudah daripada itu. Beberapa kucing mungkin lebih banyak berjuang dengan Anda daripada yang lain. Hanya Anda yang tahu kepribadian kucing Anda. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menurunkan kucing Anda ke dalam air. Lakukan ini dengan meletakkan satu tangan di bawah perut kucing dan satu tangan dengan kuat, tetapi dengan lembut di punggung kucing. Turunkan kucing dari kaki belakangnya ke dalam air. Jika kucing Anda masih berjuang, Anda mungkin ingin membungkus handuk dengan kucing agar tidak tergores. Anda mungkin terkejut dengan reaksi kucing Anda. Beberapa kucing akan duduk di sana dengan tenang dan membiarkan Anda bekerja. Orang lain akan takut dan akan mencoba lari dari Anda. Anda akan basah, tetapi Anda mungkin berpikir untuk memegang tubuh kucing dekat dengan tubuh Anda saat mandi sehingga ia merasa lebih aman. Jangan pernah meninggikan suara atau bergerak terlalu cepat, karena ini bisa membuat kucing Anda menjadi gila.

Mulai Mandi
Setelah kucing Anda berada di dalam air, Anda bisa mulai mandi. Bekerjalah dengan cepat, tetapi dengan lembut. Metode terbaik untuk memandikan kucing Anda adalah mulai dengan kepala dan turun ke bawah. Berhati-hatilah agar tidak ada air atau sampo di telinga atau mata kucing Anda. Anda hanya membutuhkan sampo yang sangat sedikit. Jika terlalu banyak, Anda harus berkumur lebih lama. Jika Anda merawat kutu, maka Anda harus mengikuti petunjuk pada sampo kutu pada saat ini. Anda dapat menggunakan minyak nabati jika Anda perlu menghilangkan zat lengket dari bulu kucing Anda. Gunakan ini dengan hemat karena ini akan meninggalkan residu minyak pada bulu kucing Anda, meskipun tidak berbahaya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mainan Untuk Hewan Peliharaan

Tips dan Perawatan Kelinci

Latih Kucing atau Anak Kucing